5 Tips Menabung Agar Tabungan Cepat Bertambah

Menabung

Menabung adalah usaha kita untuk mempersiapkan keuangan kita dimasa yang akan datang. Masa depan terutama masa tua dimana sebagian orang sudah tidak produktif seperti masa mudanya harus dipersiapkan dari usia sedini mungkin. Menabung memang terlihat mudah, namun percayalah, jika niat dan tekad tidak teguh, maka akan menjadi hal yang sulit dilakukan, bahkan akan menjadi wacana saja. Banyak cara menabung yang bertebaran di internet, namun di sini saya akan berbagi 5 Tips Menabung Agar Tabungan Cepat Bertambah, setidaknya hal-hal ini yang sudah saya lakukan dan hasilnya cukup berhasil. Silahkan disimak dan semoga tips dari saya dapat membantu dan menginspirasi teman-teman sekalian.

Cara Pertama: Tetapkan 10% Penghasilan Harus di Tabung

Setelah mendapat gaji, hal wajib yang biasa saya lakukan adalah dengan menabungkan 10% dari gaji saya bulan itu sebagai tabungan. Hal ini wajib dilakukan sebelum melakukan yang lain, misalnya belanja, bayar tagihan listrik, air dan lainnya. Setelah uang ditabung, barulah boleh uang gaji tersebut digunakan untuk keperluan lain. Sebagai contoh jika penghasilan sebesar Rp2.000.000 per bulan, maka Rp. 200.000 akan saya sisihkan sebagai tabungan. Mungkin bagi sebagian orang memang terlihat kecil, namun percayalah, setiap hal besar di dunia ini dimulai dari hal kecil. Jangan menyerah.

Cara Kedua: Simpan Uang Hasil dari Pekerjaan Sampingan

Uang hasil dari pekerjaan sampingan, sedapat mungkin ditabung, karena penghasilan sampingan ini sifatnya tidak rutin. Artinya ada ataupun tidaknya penghasilan sampingan ini, sebenarnya tidak mempengaruhi pengeluaran biaya kita. Jadi kenapa tidak anggap saja tidak ada penghasilan sampingan ini dan memasukkannya ke dalam tabungan teman-teman. Kalaupun harus digunakan, ada baiknya tetap menggunakan prinsip 10% sebagai pada cara yang pertama. 

Cara Ketiga: Tidak Membawa Kartu ATM Kemana-mana

Dengan tidak membawa kartu ATM kemana-mana maka harusnya kita akan terhindar dari keinginan berbelanja  hal-hal yang sebenarnya tidak benar-benar kita perlukan. Misalnya saat kita jalan-jalan ke minimarket, lalu terbersit keinginan untuk membeli mainan untuk koleksi (tahukan mobil-mobilan kecil yang biasa dipajang di minimarket :D ). Andaikan kita membawa serta kartu ATM saat itu maka akan dengan mudah kita belanjakan ke mainan koleksi tersebut. Apalagi harganya juga untuk beberapa kota relatif terjangkau.

Cara Keempat: Beri Reward Kepada Diri Sendiri

Reward dapat kita berikan kepada diri sendiri, misalnya kita sudah berhasil mengerjakan tugas-tugas di rumah. Saya pikir tidak ada salahnya kita memberikan hadiah pada keberhasilan kecil kita itu berupa uang. Jumlah uangnya tidak perlu besar, bisa Rp. 2.000, Rp.5.000, Rp. 10.000 atau jumlah lainnya sesuai kemampuan kamu. Hasil reward ini wajib dimasukkan kedalam tabungan kamu ya teman-teman.

www.domainesia.com

Cara Kelima: Simpan Uang Koin Hasil dari Kembalian Belanja

Uang koin hasil kembalian belanja seringkali diabaikan begitu saja karena jumlahnya memang relatif kecil. Namun ingat kembali, uang koin itu tetaplah uang yang sangat berharga. Tidak ada seorang pun memberikan walaupun hanya sekeping uang koin jika kamu tidak berusaha sedikitpun. Uang koin dapat dikumpulkan dalam kaleng, celengan atau apapun yang kamu punya yang sulit dibuka (untuk menghindari uang diambil).  Saya pribadi menyimpannya dalam kaleng bekas biskuit yang saya bolongkan tutupnya, kemudia saya solder agar tutupnya tidak mudah dibuka.

Demikian 5 Tips dari saya, semoga membantu, jangan lupa bagikan kepada yang lain jika teman-teman rasa artikel ini membantu. Salam.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama