5 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Kamu Tiru


Menjadi pengusaha merupakan salah satu cita-cita bagi sebagian orang. Namun menjadi pengusaha tentu tidak semudah yang kita lihat. Akan ditemukan banyak rintangan yang menghadang di jalan dalam menuju kesuksesan. Sekarang saatnya kamu mulai sebuah langkah kecilmu untuk meraih cita-cita sebagai pengusaha. Tidak ada salahnya kamu coba kebiasaan pengusaha yang kami pilihkan untuk kamu. Berikut ini adalah 5 kebiasaan pengusaha sukses yang bisa kamu tiru.

Persiapkan Pekerjaanmu Sehari Sebelumnya

Waktu lebih berharga daripada emas. Kehilangan uang ataupun emas masih bisa dicarikan penggantinya suatu saat nanti. Namun kehilangan waktu tidak bisa digantikan oleh apa pun. Untuk itu, waktu yang diberikan kepada kita sebanyak 24 jam sehari, sama banyaknya untuk semua orang. Oleh karena itu, dalam bekerja pun kita wajib menghargai waktu.

Agar pekerjaanmu lebih efektif dan efisien, ada baiknya kamu mulai merencakan pekerjaan yang hendak dikerjakan besok hari pada hari sebelumnya. Sehingga kita akan memiliki gambaran apa saja yang perlu kita siapkan untuk kegiatan esok hari.

Tuliskan Apa yang Kamu Kerjakan, Kerjakan Apa yang Kamu Tuliskan

Tuliskan apa yang kamu kerjakan, maksudnya adalah selain untuk perencanaan nantinya tulisan tersebut bisa dijadikan bahan untuk evaluasi. Saya sendiri meresa lebih terbantu apabila sebelum memulai pekerjaan saya menuliskan apa saja yang akan saya kerjakan, semacam to-do list. Saya merasa lebih ringan dalam bekerja karena tidak harus mengingat-ingat apa yang akan dikerjakan berikutnya karena sudah dicatat dan bisa lebih fokus pada pekerjaan.

Kerjakan apa yang kamu tuliskan, maksudnya adalah sebagai pengingat. Pengingat bahwa masih ada yang menjadi tanggungjawab pekerjaan yang masih harus diselesaikan. Hal ini perlu agar tidak dengan seenaknya kita meninggalkan pekerjaan sehingga akhirnya terbengkalai.

Mulai Hari dengan Semangat Positif

Siapa yang tidak ingin harinya dimulai dengan bahagia? Saya percaya hampir semua yang membaca tulisan ini akan menginginkan kebahagiaan terjadi dari awal hingga akhir hari tersebut. Untuk itu, kamu perlu menciptakan bahagia untuk dirimu sendiri, karena yang bisa mengendalikan dirimu adalah kamu sendiri.

Lakukan apa yang membuatmu nyaman dan senang diawal harimu. Kamu bisa coba dengan berolah raga, membaca surat kabar atau buku, atau sekedar mengucapkan kalimat-kalimat positif yang bisa meningkatkan motivasimu dalam memulai hari.

Saya merasakan benar manfaat dari memberi semangat positif bagi pekerjaan saya sehari-hari. Dengan memulai hari dengan semangat yang positif, pekerjaan sepanjang hari akan terasa jauh lebih ringan dan lebih  antusias untuk menyelesaikannya.

Mampu Memisahkan Urusan Bisnis dan Pribadi

Ini yang lihat mudah namun akan cukup sulit untuk diterapkan. Walaupun sulit bukan berarti tidak bisa. Tidak jarang pengusaha yang gagal memisahkan kedua urusan ini akhirnya mengalami kegagalan pada bisnis maupun urusan pribadinya, atau bahkan keduanya.

Yang cukup sering terjadi pada bisnis, adalah bercampurnya uang pribadi dan uang bisnis. Hal ini tentu berakibat sangat fatal. Karena bisa saja uang bisnis diambil untuk kepentingan pribadi dan begitu pula sebaliknya.

Tidak Berhenti Belajar

Yang terakhir dan menurut saya cukup penting adalah jangan berhenti untuk belajar. Selalu haus dan lapar akan ilmu dan kemampuan yang baru. Jangan cepat puas dengan ilmu dan pengetahuan yang kamu miliki sekarang.

Ada banyak sumber belajar saat ini, seperti buku, Youtube ataupun e-course yang bisa kamu manfaatkan. Pengusaha sukses bukan hanya beruntung namun cukup ilmu dan pengetahuan untuk mampu beradaptasi terhadap perkembangan.

Terima kasih

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi pengusaha sukses. Mulailah cita-citamu dengan sebuah langkah kecil. Sampai bertemu pada artikel-artikel berikutnya. Salam..

PHP Dev Cloud Hosting

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama