Revolusi Industri 4.0, Hadapi dengan Skill Berikut

Photo by Thach Tran from Pexels

Revolusi industri keempat atau yang biasa dikenal dengan istilah industri 4.0 sudah mulai kita jalani. Industri yang menggunakan internet sebagai ujung tombaknya ini mewajibkan kita untuk menguasai beberapa skill atau kemampuan agar dapat beradaptasi dan bertahan dalam industri 4.0 ini. Apa saja skill yang perlu disiapkan dalam menjalani industri 4.0, berikut pembahasannya.

Leadership atau kepemimpinan

Seorang pemimpin adalah sosok penentu keberhasilan suatu tim maupun organisasi. Menjadi pemimpin sama dengan menjadi contoh bagi anggota timnya maupun bagi bawahannya. Pemimpin diharapkan mampu menggerakkan dan mengarahkan anggota timnya untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tempatnya bekerja. Untuk itulah kepemimpinan atau leadership sangat diperlukan dalam menghadapi industri 4.0 ini. Dalam industri 4.0 ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat, untuk itu seorang pemimpin juga harus update dan upgrade informasi lebih cepat agar tujuan perusahaan dapat tersampaikan dengan baik kepada bawahannya.

Kemampuan berbahasa asing

Kemampuan berbahasa asing artinya kemampuan berbahasa selain bahasa ibu dan bahasa Indonesia (karena saat ini penulis sebagai Warga Negara Indonesia). Perkembangan teknologi sangatlah cepat, untuk itu agar dapat bertahan dan lebih adaptif kita wajib meningkatkan kemampuan agar tidak ketinggalan informasi. Arus informasi yang sangat deras dapat dengan mudah kita temukan dalam keseharian, informasi dan pengetahuan ini dapat datang dari berbagai saluran seperti internet, televisi, ebook, buku cetak, surat kabar dan sebagainya. Untuk itulah kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangatlah diperlukan.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

IT Literacy

IT Literacy adalah salah satu skill yang penting dalam revolusi industri keempat karena informasi dan teknologi menjadi ciri utama industri ini. Generasi saat ini hampir mustahil dapat lepas dari perangkat IT seperti smartphone, komputer, internet dan lain sebagainya. Oleh karena itu skill ini wajib untuk dikuasai agar tidak dikatakan gagap teknologi atau gaptek. Teknologi internet dapat memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari seperti belajar, bekerja dan beribadah. Oleh karena itulah hampir mustahil pula kita dapat lepas dari teknologi IT.

Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis cukup penting dikuasai saat ini, dikarenakan sekali lagi karena teknologi yang semakin berkembang dan berkembang sangat cepat. Oleh karena itu perkembangan dan pembaruan teknologi ini harus didukung dengan pendokumentasian yang baik pula. Dokumentasi yang baik dapat memudahkan orang lain mengetahui ide dan wawasan yang hendak kita bagikan. Menulis juga membantu kita untuk berpikir secara sistematis, terstruktur dan terarah.

Mungkin kamu tertarik baca artikel ini juga: Kumpulan 15 Kutipan Kata Bijak Sebagai Penyemangatmu  

Itulah keempat skill yang wajib dikuasai dalam menghadapi revolusi industri keempat. Tidak perlu takut menghadapinya karena takut tidak akan menghasilkan kehidupan yang lebih baik. Selalu utamakan rasa penasaran, khususnya penasaran akan hal-hal baru yang menunjang kehidupan kita. Jangan pernah berhenti belajar dan mengembangkan kemampuan karena menurut Charles Darwin, “Bukan yang kuat yang bertahan, tapi yang bisa menyesuaikan diri.”

Demikian artikel mengenai Skill untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0, semoga memberikan wawasan baru bagi pembaca. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini kepada teman-teman kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama